Alangkah Ngerinya Neraka Jahanam

Author: Qumairoh Sulistiyo Fatikha Annajaa /

Surga dan neraka merupakan tempat kehidupan yang sesungguhnya, setelah Allah swt memerintahkan malaikat Isrofil untuk meniupkan sasangkalanya maka dunia pun akan hancur dan terjadilah kiamat besar. Setelah itu, manusia akan dikumpulkan di padang mahsyar. Mereka akan dihisab dan dimintai pertanggungjawabannya selama hidup di dunia.
Jika amalan mereka lebih banyak amalan kebaikannya, surgalah tempat mereka. Sebaliknya jika amalan buruk mereka lebih tinggi,neraka jahanamlah tempat mereka. Setiap manusia tentulah ingin memasuki surga, maka selagi kita masih diberikan kesempatan untuk hidup berlomba-lombalah dalam kebaikan di dunia ini.

Keadaan di Neraka Jahanam
Neraka merupakan tempat untuk para manusia yang lalai dalam menjalankan perintah-Nya. Keadaan di neraka ini jauh dari kenyamanan, yang ada adalah sebuah penyiksaan dan balasan terhadap orang-orang yang tidak beriman.
Keadaan di neraka itu sangatlah hitam gelap tak ada satupun cahaya di sana. Hanyalah cahaya api yang siap memangsa para penghuni neraka.
Diriwayatkan bahwa sesungguhnya Rasulullah SAW telah bersabda :"Akan didatangkan pada hari kiamat itu neraka Jahannam, dan neraka Jahannam itu mempunyai 70,000 kendali, dan pada setiap kendali itu ditarik oleh 70,000 malaikat”
Allah SWT berfirman dalam surah At-Tahrim ayat 6 yang bermaksud :"Sedang penjaganya malaikat-malaikat yang kasar lagi keras." Setiap malaikat apa yang ada di antara pundaknya adalah jarak perjalanan setahun, dan setiap satu dari mereka itu mempunyai kekuatan yang mana kalau dia memukul gunung dengan pemukul yang ada padanya, maka niscaya akan hancur lebur gunung tersebut. Dan dengan sekali pukulan saja ia akan membenamkan 70,000 ke dalam neraka Jahannam.
Pintu-Pintu Neraka
Bahwasannya di neraka terdapat 7 pintu tempat masuknya para penghuni neraka. Pintu-pintu ini dibuat berdasarkan tingkat dosa yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak beriman, dan nama-nama ketujuh pintu itu adalah sebagai berikut:
  1. Pintu yang paling pertama atau sering disebut sebagai lapisan bawah neraka jahanam bernama pintu hawiyah. Di dalamnya ditempati oleh orang munafik dan orang-orang kafir. 
  2. Pintu yang kedua dinamakan jahim.
  3. Pintu yang ketiga dinamakan saqar.
  4. Pintu yang keempat dinamakan ladhaa.
  5. Pintu yang kelima dinamakan huhamah.
  6. Pintu yang keenam dinamakan sa’iir.
  7. Pintu yang ketujuh dihuni oleh orang-orang yang melakukan dosa besar seperti durhaka terhadap orangtua, bunuh diri, membunuh orang lain. Sehingga ketika dia meninggal dunia belum bertaubat. 
Keadaan Para Peghuni Neraka 
1. Mereka Tidak Hidup dan Tidak Mati
Artinya para peghuni neraka waktunya tidak lepas dari penderitaan dan siksaan. Mereka tidak akan pernah merasakan hidup secara wajar. Setelah siksaan itu hilang dan mereka kembali seperti semula dalam beberapa saat, mereka akan kembali disiksa.
2. Dipukul dengan Palu Besi
Saat pertama kali dimasukkan ke dalam neraka, mereka akan disambut oleh para malaikat yang menjaga neraka. Siksaan awal yang mereka terima adalah mereka akan dipukul dari palu yang terbuat dari besi api neraka. Seluruh tubuh mereka akan merasakan pukulan ini. 
3. Berganti Kulit Terus-Menerus
Setelah kulit mereka terkelupas karena terbakar api dan karena siksaan, maka kulit mereka akan diganti dengan yang baru. Tetapi setelah mereka mendapatkan siksaan lagi, kulit mereka akan mengelupas kembali dan terus akan seperti itu.
4. Pakaian Penghuni Neraka
Para penghuni neraka akan memakai pakaian yang terbuat dari besi kuningan. Besi tersebut sangat panas dan pakaian tersebut merupakan pakaian sehari-hari dari penghuni neraka.
5. Dimasukkan ke Dalam Lautan
Artinya mereka akan dimasukkan ke dalam lautan air mendidih yang ada di neraka. Setiap hari mereka akan direbus di dalam lautan tersebut dan itu berlangsung terus menerus. 
6. Makanan Penghuni Neraka
Mereka akan diberi makanan kayu zaqqum. Apabila mereka makankayu tersebut, maka isi perutnya akan keluar dengan berantakkan, otaknya akan mendidih dari mulutnya keluar api, tubuh mereka akan berjatuhan di antara telapak kaki.
Selain itu, mereka akan mendapatkan makanan pohon berduri serta mereka akan disuguhkan dengan makanan darah yang bercampur dengan nanah dan yang memakannya adalah para penghuni neraka.
7. Minuman Para Penghuni Neraka
Di neraka pun tersedia minuman. Minuman langsung didatangkan dari mata air yang mendidih. Minuman dari air darah dan nanah, minuman dari luka dan nanah, serta minuman dari air dingin yang sangat dingin.

0 komentar:

Posting Komentar